Aku ini Ugik, bukan yang lain

Dalam hidup ini tentunya anda pernah mengalami hal-hal lucu, kocak, bahkan konyol. Ketika kita sedang santai dan tiba-tiba teringat hal tersebut kadang membuat kita senyum-senyum dan tertawa sendiri. Kejadian tersebut kadang datang dari diri kita sendiri maupun karena orang lain di sekeliling kita. Menyangkut hal lucu dan konyol tersebut, saya ada beberapa pengalaman yang menurut saya lucu, konyol bahkan memalukan:

1. Kuli Bagian Mana Pak??

Kejadian ini terjadi pada tahun 2005. Saat itu saya masih terdaftar sebagai mahasiswa di fakultas biologi UGM. Di kampus saya aktif di Organisasi Pecinta Alam (Mapala). Sebagai seorang anggota mapala yang bisa dibilang solid, wajar ketika saya lebih banyak menghabiskan waktu di kampus (di sekertariat mapala) dari pada di kost ataupun di rumah. Suatu saat di Mapala sedang ada kegiatan bersih-bersih dan sayapun ta ketinggalan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kebetulan saya mendapat jatah untuk membersihkan taman. Tiba-tiba muncul ide untuk mencari bambu untuk membuat taman lebih indah. Kebetulan di kampus sedang ada proyek pengecatan gedung, sehingga banyak bambu di sekitar gedung. Dengan memakai celana pendek north face hitam dan kaos singlet dan hanya berbekal niat baik, sayapun pergi mendatangi mandor proyek…

Ugik: Permisi buk, bisa minta bambu satu batang?

Mandor: dengan penuh tanda tanya menjawab, lho bambu? untuk apa mas? lha masnya ini kerja di gedung bagian mana?

Ugik: dengan wajah bersungut-sungut menjawab: Saya ini mahasiswa buk, mau minta bambu untuk menata taman di sekertariat mapala…

Mandor: dengan rasa penasaran dan tidak percaya berkata: oghh… mahasiswa ya… wah harus ada surat pengantar dari dekan…. dst

Dengan penuh rasa kecewa dan dendam kepada sang mandor sayapun kembali ke sekertariat dengan tangan kosong…. seperti biasa karena tidurnya di kampus, malamnya saya dengan beberapa teman melakukan aksi tersebut… hehehe… kan sudah bilang bu mandor….

2. Penjual baju di depan Pabrik

Kejadian ini terjadi pada tahun 2006 di Bogor. Kebetulan saat itu saya melamar untu jadi asisten penelitian di salah satu proyek penelitian IPB. Untuk melengkapi syarat administrasi maka saya mau ga mau harus datang ke bogor. Karena belum terlalu familiar dengan kota bogor, sayapun numpang di kontrakan teman yang kebetulan kerja di Cibinong. Suatu pagai saat saya hendak menuju kantor PSSP IPB kejadian ini terjadi. Saya naik angkot no 08 menuju Warung Jambu, dan saya langsung duduk di depan di samping pak sopir. Karena penumpang agak sepi sayapun langsung ngobrol dengan pak sopir….

Dengan gaya yang sok dekat dan sok kenal, sayapun langsung bilang ke pak sopir:

Ugik: sepi ya bang?

Sopir: iya neh… tumben jam segini udah pulang?

Karena merasa tidak nyambung saya diam dan pura-pura tidak dengar…. melihat kondisi tersebut sang sopir langsung klarifikasi…

Sopir: loh masnya ini bukannya yang biasanya jualan baju di depan pabrik itu kan?

hahahaha…. sayapun bengong dengan suksesnya, dan langsung memprotes pertanyaan pak sopir hahahahaha…..

3. Mas mo beli hanger..??

Kejadian ini terjadi ketika saya kerja di Tangkoko (Bitung, Sulawesi Utara) sekitar tahun 2009 awal. Suatu saat saya beserta teman bule saya hehehe… sedang berbelanja di supermarket di kota Manado. Kebetulan saya selesai lebih dulu, karena bosan menunggu akhirnya saya memutuskan untuk menunggu di depan supermarket. Saat itu saya hanya memakai kaos oblong, sandal jepit, dan celana pendek. Ketika saya asik melamun (melamunin teman cewek hehehe…) tiba-tiba seorang ibu setengah baya datang ke arah saya dan bertanya:

Ibu: Mas hangernya masi ada?

Ugik: maaf buk saya bukan penjual hanger (sambil menunjuk ke arah mas-mas penjual hanger dengan raut muka bersungut-sungut hohohoho…)

Dalam batin saya, “saya emang mirip penjual hanger ya?” wkwkwkwk….

4. Block Note di sebelah kiri bu…

Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2009 sama ketika saya masih bekerja di Tangkoko. Saat itu saya harus membeli sesuatu di Gramedia menado, begitu masuk toko saya langsung melihat-lihat dulu di bagian alat tulis. Sebenarnya saya hanya ingin mencari block note titipan temen (cewek cantik… jadi nyarinya sungguh-sunguh dan dengan sepenuh hati…). Saya sadar seorang penjaga toko mengawasi saya, mungkin dia berniat membantu untuk mencari barang yang ingin saya cari. Dia mendatangi saya dan menanyakan barang yang saya cari. Dia pun menunjukkan lokasi barang yang saya cari, setelah itu dia kembali ke posisi semula (karena sepertinya dia lagi sibuk… dengan nota-nota hohoho…). Beberapa menit saya melihat-lihat barang yang saya cari namun tidak ada yang sesuai dengan selera saya. Sayapun langsung mendatangi pejaga yang tadi sambil bertanya: ” mas block note di sebelah mana ya?” karena sibuk dia tidak menoleh ke saya dan langsung menjawab “oghh…Block note di sebelah kiri bu…” Mendengar jawaban itu saya langsung bersungut-sungut dan langsung pergi hohoho… Dalam hati saya menggerutu….”aduhhh mas masa saya seganteng ini dipanggil ibu…” wkwkwkwk

Leave a Reply

